Burung Parotia Barat






Parotia Barat (Parotia sefilata) adalah salah satu spesies burung surga yang hidup di daerah kepala burung dari Provinsi Papua Barat. Kita bisa melihatnya di Pegunungan Arfak dan kemungkinan juga di Pegunungan Tambrauw.

Burung Parotia Barat jantan lebih indah, ia memiliki bulu berwarna hitam, mata biru bening, dengan dahi dan ubun-ubun berbentuk perisai warna putih. Di dadanya ada semacam perisai berwarna metalik kuning muda yang mengilau bila terpantul cahaya. Ada 6 buah antena di kepalanya, masing-masing 3 buah di kedua sisinya. Yang betina coklat dan ada garis-garis mendatar di dada dan perut.





Burung ini tergolong unik karena dia bisa berdansa layaknya seorang penari ballet. Burung Parotia barat dewasa yang jantan memiliki tempat berdansa khusus. Ia akan membersihkan permukaan tanah dari daun-daun dan ranting yang gugur. Ia akan berlatih beberapa kali. Setelah itu, ia akan memanggil-manggil pasangan betinanya. Sayang sekali, kicauannya tidak semerdu burung Cendrawasih Kuning Kecil, Cendrawasih Dada Biru, Cendrawasih Merah atau Jagal Papua dan Cucak Timor.

Burung Cendrawasih Hitam
Burung Parotia Barat

Jika pasangan betinanya sudah datang, ia akan melompat dan mendarat di tanah. Kemudian, setelah bersiap-siap, ia menunduk memberi hormat lalu akan berdansa dengan mengembangkan bulu-bulunya hingga nampak seperti rok seorang penari ballet. Ia memutar badannya, menggoyang-goyangkan kepalanya. Ia melompat-lompat ke depan dan ke belakang.

Burung Bidadari Parotia Barat
Burung Cendrawasih Hitam/ Parotia Barat di Hutan Pegunungan Arfak

Di Kabupaten Manokwari, ada beberapa lokasi wisata pengamatan burung di hutan Pegunungan Arfak yang bisa dikunjungi oleh wisatawan baik domestil maupun manca negara yang ingin melihat Cendrawasih Parotia Barat. Ada penginapan sederhana juga di sana. Jika Anda berminat berkunjung ke sana, saya sarankan agar hal tersebut dilakukan secara berkelompok 3 atau 4 orang. Ini tujuannya agar biaya transportasi, bahan makanan, jasa guide dan porter bisa dipikul bersama. Beberapa maskapai penerbangan nasional seperti Lion/Wings Air, Sriwijaya, Batik Air, membuka layanan terbang dari kota-kota besar di Indonesia ke Manokwari.

Western Parotia (Parotia sefilata) a ballet dancing bird.
Burung Parotia Barat sedang menari seperti penari ballet

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke Papua Barat untuk melihat burung Parotia Barat, pemandangan pegunungan, atau berenang di pantai, serta membutuhkan seorang pemandu untuk mengatur perjalanan Anda, silahkan menghubungi saya (Charles Roring) lewat email peace4wp@gmail.com atau whatsapp: +6281332245180.