Burung Nuri Kepala Hitam




Nuri kepala Hitam adalah salah satu spesies burung tropis yang dihidup di Tanah Papua dan pulau-pulau sekitarnya. Ukuran dewasanya antara 25 - 30 cm. Burung ini mendiami hutan tropis dari dataran rendah hingga ke pegunungan menengah. Paruhnya berwarna orange dengan leher belakang berwarna hitam. Dari kejauhan burung nuri ini nampak merah dengan kepala hitam. Makanannya buah-buahan di pohon. Ia juga menjilat sari madu dari bunga-bunga di pepohonan.

Para pengamat burung bisa melihat Nuri Kepala Hitam dengan mudah jika menggunakan teropong (binocular). Kadang burung nuri ini sendirian, atau berpasangan. Ketika musim buah telah tiba, mereka suka terbang dalam rombongan yang cukup besar. Burung ini disebut juga Kasturi Kepala Hitam. Dalam bahasa Inggris, ia dinamai Black-capped Lory sedangkan dalam bahasa latin, ia bernama Lorius Lory.

nuri kepala hitam

Burung ini secara umum populasinya cukup banyak di hutan. Namun jumlah mereka semakin berkurang karena habitat mereka terus berkurang sebagai akibat dari perubahan hutan menjadi lahan pemukiman, jalan raya atau perkebunan monokultur. Penggemar burung di Indonesia suka memelihara burung ini di sangkar mungkin karena kicauan burung ini yang unik. Di Indonesia, burung ini masuk dalam daftar satwa liar yang dilindungi.

Agar populasi burung Nuri Kepala Hitam tetap lestari, saya sarankan supaya para penggemar burung berlibur ke Papua untuk melihat langsung burung-burung ini di habitatnya. Sebagai pemandu wisata, saya telah mengantar banyak sekali wisatawan asing pengamat burung menjelajahi hutan-hutan Papua untuk melihat burung-burung tropisnya yang beraneka-ragam.

Nah, jika Anda tertarik untuk berlibur ke Papua untuk mengamati burung di hutan, datanglah secara rombongan. Dengan demikian, Anda bisa saling berbagi biaya transportasi, makan dan akomodasi sehingga lebih terjangkau. Burung ini gampang sekali dipotret terutama ketika ia sedang sibuk menjilat nektar dari bunga-bunga yang sedang bermekaran di pohon-pohon hutan. Oleh sebab itu, saya sarankan agar para penggemar burung yang berlibur ke Papua untuk membawa kamera yang sesuai. Anda bisa membaca artikel saya mengenai hal tersebut di artikel saya yang berjudul: Kamera Untuk Memotret Burung.

Burung Nuri Kepala Hitam dan burung-burung tropis lainnya di hutan memiliki peran penting dalam menjaga kelestarian ekosistem hutan. Mereka menyebar biji-bijian, memakan serangga pemakan daun sehingga pohon-pohon bisa bertumbuh dengan baik.