Wisata Alam di Sulawesi Utara

Home | Artikel dalam Bahasa Indonesia | Hubungi Kami| Pasang Iklan
Pesisir Pantai Minahasa, Provinsi Sulawesi UtaraPantai di Minahasa

Grey-cheeked Green PigeonBurung Grey Cheeked Green Pigeon

Letusan Gunung Api Soputan dilihat dari atas kota Tomohon Tomohon dan Gunung Soputan
Baca juga

English

Sulawesi Utara adalah salah satu provinsi di Indonesia yang sejak dulu telah dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara. Alamnya yang bergunung-gunung ditutupi hutan tropis menjadikan kawasan ini sebagai destinasi wisata alam yang populer. Ada beberapa kawasan hutan yang kerap dikunjungi oleh wisatawan. Beberapa di antaranya adalah: Hutan Tambun di Kotamobagu, Gunung Mahawu dan Cagar Alam Tangkoko di Semenanjung Minahasa.

Ketika berkunjung ke kawasan tersebut, para pelancong bisa melihat burung Maleo yang telurnya lebih besar dari telur ayam pada umumnya, burung Raja Udang Sisik (Scaly-breasted Kingfisher), Burung Rangkong Paruh Knob Merah (Red-knobbed Hornbill), dan Monyet Hitam Berambut Jambul (Crested-macaque monkey). Ada juga burung Raja Udang Punggung Hijau, kuskus, dan ular. Hutan hujan tropis adalah daerah tujuan wisata yang cocok bagi para wisatawan yang ingin melihat satwa liar di habitatnya dan bukan di kebun binatang. Untuk keperluan tersebut para pengunjung disarankan untuk membawa binocular 10×42mm, kamera dengan lensa telephoto.
Saat berada di dalam hutan, jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Ketika melihat hewan, pastikan bahwa wisatawan menjaga jarak yang aman dan tidak memberi makan pada hewan. Ini penting sekali ditaati untuk melindungi hewan dari penyakit dan juga agar hewan tidak menjadi agresif terhadap manusia.

Jangan lupa untuk membawa lotion anti gigitan serangga, jas hujan dan kantung pelindung kamera serta barang elektronik lainnya saat melakukan perjalanan di berbagai lokasi wisata alam di Sulawesi Utara.

Selain aktivitas wisata pengamatan satwa liar di hutan, wisatawan yang berkunjung ke sana bisa melihat pemandangan alam yang indah seperti persawahan di Desa Tincep, pemandangan pantai di wilayah barat dan utara kota Manado serta Danau Linow di Tomohon. Beberapa atraksi lainnya yang bisa dinikmati oleh para pelancong antara lain kunjungan ke pengrajin gerabah, pandai besi serta petani pembuat gula merah dan cap tikus.

Agar tidak tersesat, sangat disarankan supaya pengunjung menggunakan jasa pemandu wisata setempat.

Di samping wisata alam pegunungan dan hutan, Sulawesi Utara juga memiliki kawasan terumbu karang yang indah sekali. Taman Laut Bunaken, Selat Lembeh dan Pulau Bentenan merupakan lokasi wisata bahari yang bisa dikunjungi oleh siapa saja yang ingin menikmati aktivitas renang, snorkeling dan selam skuba. Ada banyak dive resorts di sekitar Selat Lembeh dan Bunaken. Para pelancong bisa mendapatkan informasi yang lebih terperinci lewat Google.
Jika Anda telah berlibur ke Sulawesi Utara, jangan lupa untuk memberitahu sahabat-sahabat kalian tentang keindahan alam daerah ini agar mereka tertarik juga untuk berkunjung ke sana.