Burung Cendrawasih





Burung cendrawasih adalah keluarga burung surga terdiri dari 42 species. Sebagian besarnya hidup di hutan hujan tropis di Tanah Papua dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Ada juga yang mendiami Halmahera, Aru dan pesisir timur laut Australia.

Burung Cendrawasih terbagi atas dua kelompok. Yang monogamous dan bulunya hitam mengilat disebut manucode (5 spesies). Yang polygynous adalah burung cendrawasih yang sebenarnya. Yang jantan memiliki bulu yang indah sekali sedangkan yang betina memiliki bulu berwarna coklat atau hitam dengan garis-garis di dada hingga perut. Masyarakat adat biasanya mengenakan bulu burung surga sebagai hiasan di kepala dalam berbagai upacara adat maupun penyambutan tamu.



Berikut ini adalah beberapa spesies sering saya lihat ketika memandu wisatawan di hutan Papua Barat:

Kamera yang cocok untuk memotret burung ada berbagai jenis. Yang terbaik tentunya kamera D-SLR bersensor besar dengan lensa telefoto seperti Sigma 150-600mm Sport. Para pengamat burung yang bukan fotografer serius biasanya menggunakan kamera point and shoot seperti Nikon Coolpix P900, P1000 dan Canon SX70HS.