Cendrawasih Raja

Cendrawasih Raja atau King Bird of Paradise (Cicinnurus regius) adalah salah satu dari 42 spesies burung surga yang dikenal dalam dunia sains. Rata-rata ukuran jantannya adalah 16 centimeter dan betinanya 19 centimeter. Ini adalah burung surga terkecil di dataran utama Tanah Papua. Habitat utama burung Cendrawasih Raja adalah hutan hujan tropis di dataran rendah sampai ke lereng-lereng perbukitan. Menurut peta di Buku Birds of New Guinea karya Thane K. Pratt dan Bruce M. Beehler, sebaran Burung Surga Raja adalah dataran utama Papua, Yapen, Salawati, Misool dan Aru.

Burung Surga Raja Papua

Cendrawasih Raja

Burung Cendrawasih Raja cukup umum di temukan di pepohonan yang ada tanaman tali atau tanaman menjalar dan menggelantung di pepohonan. Namun demikian, karena ukurannya yang relatif kecil, burung ini agak sulit untuk ditemukan. Wisatawan pengamat burung dan satwa liar perlu kejelian, dan kesabaran untuk mencarinya di sela-sela daun dan tali pohon yang bergelantungan.

Lokasi Wisata Pengamatan Burung

Di Papua Barat ada beberapa lokasi hutan yang menjadi tempat pengamatan Burung Cendrawasih Raja, beberapa di antaranya adalah:

Burung Surga Raja di Tanah Papua

Burung Surga Raja (Cendrawasih Raja)

Burung Cendrawasih memainkan peran yang sangat penting bagi keseimbangan ekosistem hutan hujan tersebut. Bersama dengan satwa lainnya, burung cendrawasih memakan buah dan menyebar biji-bijian ke seluruh penjuru hutan. Cendrawasih juga memakan serangga sehingga membantu mengendalikan populasi serangga pemakan daun yang bisa saja merusak hutan hujan tropis jika jumlah serangganya terlalu banyak. Artikel ini ditulis oleh Charles Roring.