Cendrawasih Belah Rotan

Burung Cendrawasih Belah Rotan (Diphyllodes magnificus) hidup di hutan hujan tropis Tanah Papua terutama di daerah pegunungan rendah. Burung surga ini indah sekali warnanya sehingga menjadi target pengamatan yang penting di kalangan wisatawan pengamat burung yang berkunjung ke Tanah Papua.

burung surga di Pegunungan Arfak, Manokwari.

Cendrawasih Belah Rotan di Hutan Papua Barat





Tempat Wisata Pengamatan Burung Cendrawasih

Di Tanah Papua ada banyak tempat yang menjadi lokasi wisata pengamatan Burung Cendrawasih beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Cendrawasih Belah Rotan di Hutan Ayapokiar, Kabupaten Tambrauw

Cendrawasih Belah Rotan di Hutan Ayapokiar, Kabupaten Tambrauw, Papua Barat

Burung Surga di hutan Papua Barat

Burung Cendrawasih Belah Rotan





Peralatan Pengamatan Burung dan Satwa Liar

Wisatawan perlu membawa peralatan seperti teropong (binoculars), kamera lensa panjang, senter, laser pointer (cahaya hijau) untuk melakukan aktivitas pengamatan burung dan satwa liar di hutan.

Aktivitas Ekowisata di Papua Barat

Setelah menikmati aktivitas pengamatan burung Cendrawasih Belah Rotan di dataran utama, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan ke daerah lain di Papua Barat seperti ke kota Wasior di Teluk Wondama, atau ke pulau-pulau di Raja Ampat untuk menikmati wisata bahari seperti renang, snorkeling, selam skuba atau sekedar melihat pemandangan alam bahari yang indah.

Daerah pesisir pantai Kabupaten Tambrauw seperti Pantai Weyos juga menarik dilihat karena di situ wisatawan bisa menikmati berbagai kegiatan wisata seperti melihat penyu bertelur, memancing ikan di laut terbuka atau menjelajah hutan pegunungan rendah guna melihat rusa, soa-soa, kuskus, ular dan berbagai spesies serangga terutama kupu-kupu dan kumbang yang berwarna-warni.