Danau Anggi




Pemandangan Danau Anggi Giji


Pemandangan Danau Anggi Gida

Ada dua buah danau besar di Pegunungan Arfak Manokwari. Namanya adalah Anggi Giji (Danau Laki-laki) dan Anggi Gida (Danau Perempuan). Ini adalah lokasi wisata alam di Kabupaten Pegunungan Arfak. Untuk menikmati keindahan pemandangannya, wisatawan bisa naik kendaraan 4WD ke puncak Kobrey yang terletak pada ketinggian sekitar 2,500 meter di atas permukaan laut. Lama perjalanan dari kota Manokwari adalah kurang lebih 5 jam. Kendaraan 4WD yang kita tumpangi akan menuju ke arah selatan melewati Distrik Oransbari dan Kota Ransiki. Setelah itu kendaraan akan berbelok ke kanan.

Jalanan kemudian semakin terjal dan berkelok-kelok di sejumlah bagian. Hutan hujan tropis yang lebat dan jurang-jurang yang dalam menyuguhkan pemandangan alam Papua Barat yang mempesona.
Memasuki Danau Anggi Gida, akan melihat kampung-kampung di sepanjang pesisir danau. Masyarakat menanam sayur, ubi jalar serta bunga di pekarangan rumah mereka. Kebun--kebun warga setempat sebagian besar diberi pagar kayu yang cukup tinggi agar terlindung dari hama babi hutan. Bunga Rhododendron konori, Rhododendron laetum, Dahlia, Nepenthes dan berbagai macam bunga lainnya bisa dilihat di halaman rumah penduduk dan di lereng-lereng gunung yang mengitari danau. Kadang-kadang, kalau lagi musim, kita bisa membeli buah markisa manis yang masih segar dan baru dipetik dari kebun.

Pemandangan Danau nampak masih sangat alami. Perairannya tenang dan di beberapa bagian ada pantai yang berpasir putih. Ini merupakan keunikan tersendiri dari Danau Anggi. Kami berhenti sejenak di sebuah tikungan yang menghadap Danau Anggi Gida tersebut. Kami mengambil foto pemandangan maupun foto selfie. Udara di sini terasa segar dan dingin.

Berikut ini adalah sejumlah artikel menarik tentang ekowisata di nusantara: