Raja Ampat





Raja Ampat adalah nama yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Nama ini identik dengan wisata bahari. Ya, benar. Di kepulauan Raja Ampat ada ratusan pulau yang bisa di lihat. Kebanyakan wisatawan Indonesia ke sana untuk melihat pemandangan Piaynemo, Wayag Arborek dan Batu Pensil di Teluk Kabui. Sebenarnya ada banyak sekali tempat-tempat wisata alam yang unik di sana. Contohnya di Kepulauan Misool yang terletak di wilayah selatan, ada banyak sekali gugusan pulau yang indah. Beberapa di antaranya adalah: Karwapop, Yapap, Gua Putri Termenung, atau Puncak Harfat, Danau Ubur-ubur dan Telaga Cinta.

Raja Ampat archipelago
Raja Ampat islands

Di Utara Waigeo, atraksinya berbeda pula. Di sana ada Pantai Warebar yang menjadi lokasi selancar air terkenal di dunia. Ada juga beberapa pulau kosong seperti Mamiaef dan Waim yang memiliki terumbu karang dengan berbagai macam spesies. Tempat ini cocok untuk snorkeling. Wisatawan yang hobi nonton burung bisa menjelajah jalan lingkar-Waigeo. Ibu kota kabupaten, Waisai, adalah lokasi penting yang dituju oleh wisatawan yang hendak menginap di sejumlah resort dan homestay di pesisir selatan Waigeo, Gam, Kri dan Mansuar.

Pulau Batanta dan Salawati terletak lebih dekat ke Sorong. Oleh karena itu, wisatawan yang ingin berkunjung ke sana, ada baiknya menghubungi resort atau homestay terutama yang ada di Batanta untuk menyiapkan logistik perjalanan dan transportasi pergi pulang.