You are a Badass at Making Money

Kamu adalah orang hebat dalam mencari uang.

Penulis: Jen Sincero
Buku asli terbitan: Penguin Publishing Group
Tahun: 2018
Tebal: 288 halaman
Kuasai kerangka berpikir Kekayaan: Belajar bagaimana menghemat uangmu bersama salah seorang penulis self-help yang paling menyenangkan di dunia.

You are a Badass at Making Money - Pelajaran Abadi Mengenai Kekayaan, Ketamakan, dan Kebahagiaan. Maaf, file pdf untuk download tidak ada.

Sampai beberapa tahun yang lalu, Jen Sincero, penulis buku "You are a Badass at Making Money," akan setuju bahwa dia adalah orang terakhir yang perlu kamu temui untuk memperoleh nasihat mengenai masalah keuangan. Sebagai seorang penulis lepas di usia 40 tahun, Jen tinggal di sebuah rumah yang dikonversi dari garasi, dan hampir tidak bisa mengumpulkan cukup uang untuk bertahan hidup. Dia bukanlah seorang anak teladan untuk kesuksesan finansial.





Tapi semua itu berubah ketika dia mulai serius dengan situasi keuangannya, khususnya cara berpikirnya tentang uang, dan caranya memperlakukan uang dalam kehidupan sehari-hari.

Keadaan berubah cepat, beberapa tahun kemudian ketika Jen Sincero menjadi penulis buku terlaris #1 versi surat kabar New York Times, dan tidak perlu diragukan lagi bahwa perubahan yang dia lakukan telah membuahkan hasil yang besar.

Untuk tujuan itu, mari kita lihat nasihat keuangan apa saja yang disediakan oleh Jen Sincero dalam buku keduanya. Meskipun buku ini kebanyakan membahas tentang cara mengatur kerangka berpikir mengenai uang, ada beberapa nasihat praktis yang dapat dijalani oleh seseorang, tidak peduli berada di mana ia sekarang, dalam perjalanan keuangannya.

buku Kamu Hebat Dalam Mencari Yang oleh Jen Sincero
Penulis Jen Sincero dan buku karyanya: You are a Badass in Making Money (dalam bahasa Indonesia: Kamu Orang Hebat Dalam Mencari Uang)

Nyatakan Secara Jelas Tujuan-tujuan Keuanganmu

Jika Kamu belum menulis cita-cita finansialmu (financial goals), Jen Sincero berkata bahwa kamu perlu membuat itu sejelas-jelasnya sebelum kamu menumbuhkan kekayaanmu. Menurutnya ini lebih penting dari pada hanya sekedar menentukan angka yang ingin kita lihat pada rekening bank.
Menurutnya, menetapkan financial goals berarti menyatakan secara jelas mengapa kamu membutuhkan uang itu, untuk apa uang itu digunakan, dan bagaimana perasaanmu ketika kamu sudah memperolah uang tersebut. Semakin terperinci kamu menulis tujuan-tujuan keuanganmu, semakin baik - contohnya: menabung untuk uang muka pembelian rumah, keluar dari utang kartu kredit, atau untuk pergi berlibur ke destinasi wisata yang sudah direncanakan sebelumnya.
Financial goal ini dimaksudkan untuk memberimu sesuatu target nyata buat dikejar dan sebuah insentif untuk tetap membuat perubahan dalam hidupmu, meskipun perubahan tersebut tidaklah mengenakkan. Jen Sincero mengakui bahwa hal ini tidak mudah, tetapi dia yakin ketika kamu memiliki beberapa tujuan finansial di dalam benak - terutama tujuan-tujuan yang lebih penting daripada kenyamanan kebiasaan lama - kamu bisa mengalahkan rintangan apapun.

Milikilah Ketetapan Hati untuk Berubah

Dengan tujuan-tujuan finansial yang ada di pikiran, pelajaran-pelajaran keuangannya yang selanjutnya adalah, jika kamu ingin memiliki lebih banyak uang daripada yang kamu peroleh selama ini, kamu harus bersedia membuat perubahan-perubahan dalam hidupmu, khususnya perubahan yang mendorong dirimu keluar dari zona nyamanmu. Contohnya, kita melakulan pekerjaan yang sama selama bertahun-tahun tanpa meminta kenaikan gaji.

Sincero yakin bahwa kita memainkan peranan dalam menciptakan situasi finansial kita saat ini dengan menaati perilaku lama yang sama secara berulang-ulang atau secara terus-menerus menghabiskan uang dengan berbelanja barang yang tidak benar-benar diperlukan.

Tetapi apapun perilaku pribadi Anda, Sincero jelas pada pandangannya bahwa Anda harus membuat keputusan secara sadar untuk memiliki KEHENDAK mengubah perilakumu sebelum kamu benar-benar mulai melakukan perubahan.

Ambil Keputusan Tegas

Sekali kamu telah menetapkan tujuan finansialmu dan telah memiliki ide bahwa beberapa kebiasaan lamamu perlu diubah, langkah berikutnya adalah mengambil keputusan tegas.
Sincero menyarankan agar memulai dengan sebuah rencana bagaimana kamu mencapai tujuan finansial tersebut, kemudian memerincikan rencana itu ke dalam langkah-langkah tindakan kecil yang bisa dilaksanakan. Contohnya: Mengambil pekerjaan kedua dalam bidang di mana kamu ingin memulai karir yang baru atau mempekerjakan seseorang di bawahmu untuk menangani lebih banyak bisnis.
Dia juga menyebutkan bahwa kamu tidak perlu segera memiliki sebuah perencanaan yang lengkap. Menurut pandangannya, lebih baik kamu tetap terbuka terhadap berbagai kemungkinan yang berbeda-beda, dan bukannya hanya terpaku pada satu rencana. Kuncinya adalah kamu mulai mengambil langkah-langkah untuk mewujudkan cita-cita keuanganmu.

Berinvestasilah Dalam Hal-hal yang Membuat Kamu Bertumbuh Secara Finansial

Sincero adalah seseorang yang memiliki keyakinan bahwa kamu perlu mengeluarkan uang untuk memperoleh uang. menurutnya, investment ini mirip mempekerjakan seseorang untuk membuat website baginya ketika dia baru pertama kali mengembangkan bisnis editingnya dan mendaftar sejumlah kursus yang dia perlukan untuk meningkatkan bisnisnya ke level yang lebih tinggi.