Tips Membaca Berita Bahasa Inggris

Membaca berita dalam bahasa Inggris adalah salah satu cara yang dilakukan oleh banyak orang untuk bisa mahir dalam bahasa internasional tersebut. Berita mengandung informasi yang baru dan sering pula kosa kata yang baru. Oleh karena itu setiap kali membaca berita dalam bahasa Inggris, pembaca bisa mengalami frustasi karena terlalu banyak kosa kata baru yang harus dia pahami. Bila hal ini terus terjadi dan pelajar bahasa Inggris merasa bahwa kemampuannya tidak mengalami kemajuan yang berarti maka ada kemungkinan mereka akan berhenti belajar bahasa Inggris. Untuk mencegah hal tersebut, saya telah menulis beberapa tips berikut ini:

Bacalah berita baru dalam bahasa yang Anda mengerti dari sumber berita yang sama. Maksud saya begini, di dunia ini ada sejumlah kantor berita yang menyediakan materi berita dalam berbagai bahasa. Dua di antaranya adalah VOA (Voice of America) dan BBC (British Broadcasting Corporation). Mereka menyiarkan program berita dan program lain seperti seni, budaya, olah raga, bisnis dan ekonomi dalam berbagai bahasa. Masuklah ke dalam website mereka, contohnya VOA dan pilihlah sub situs yang sesuai dengan bahasa yang Anda kuasai seperti BBC Siaran Bahasa Indonesia. Bacalah salah satu berita yang terhangat. Tentu Anda dapat dengan mudah mengerti isinya. Setelah itu bukalah halaman BBC News untuk mencari berita yang sama dalam bahasa Inggris. Karena Anda telah mengerti isi beritanya maka ketika menemui beberapa kosa kata yang baru, Anda dengan mudah memperoleh padanan katanya dalam bahasa Indonesia atau bahasa Melayu.

Setelah itu bukalah situs bahasa Inggris dari VOA dan bacalah berita yang sama. Pada umumnya, VOA akan menyediakan berita dengan judul dan isi yang sama namun dalam berbagai-bagai bahasa. Jika Anda telah mengerti isi berita itu, contohnya dalam bahasa Indonesia maka pada saat Anda membaca berita yang sama dalam bahasa Inggris, Anda akan mudah memahami kosa kata baru yang terdapat di dalamnya.

Mengapa saya menyarankan hal demikian? Karena ada kecenderungan, para pekerja di badan berita VOA dan BBC menerjemahkan berita yang muncul di halaman depan situs utama mereka ke bermacam-macam bahasa. Tidak mungkin, isi beritanya berbeda atau bertentangan dalam satu badan berita. Oleh karena itu, dengan membaca berita dalam bahasa Anda terlebih dahulu kemudian membaca lagi dalam bahasa Inggris, Anda akan dengan cepat menguasai bahasa Inggris dengan lebih cepat.

Tapi, jika Anda telah melakukannya setiap hari selama kurang lebih 3 bulan dan telah memahami kosa kata dasar yang berjumlah sekitar 3,000 maka saya sarankan kepada Anda untuk menerapkan tip yang ke-3:

Saat membaca berita dalam bahasa Inggris, genggamlah sebuah kamus bahasa Inggris yang diperuntukkan bagi para pelajar bahasa Inggris. Ada dua kamus penting yang saya rekomendasikan yakni Oxford Advanced Learner's Dictionary dan Longman Dictionary of Contemporary English. Ketika Anda menemukan kosa kata baru, carilah penjelasannya dalam kamus-kamus itu.

Semoga dengan membaca tips membaca berita dalam bahasa Inggris ini, kemampuan berbahasa Inggris Anda semakin baik. oleh Charles Roring