Apa yang diperlukan untuk belajar bahasa Inggris dengan baik?




Belajar bahasa Inggris membutuhkan aksi. Kamu mungkin saja mengetahui semua tips tentang belajar, tetapi jika kamu tidak mulai melakukannya, kamu tidak akan memperoleh hasil apapun. Faktanya adalah bahwa, jika kamu ingin belajar berbicara bahasa Inggris dengan baik, kamu harus mengubah (cara) hidupmu. Berikut ini adalah beberapa contoh yang harus kamu kerjakan:

Manusia jenis apa yang akan melakukan hal-hal yang gila ini? Hanya ada satu jenis. Jenis manusia yang menikmati melakukannya. Jika kamu ingin belajar berbicara bahasa Inggris dengan baik, kamu harus menjadi orang seperti itu. Kamu tidak boleh membenci melakukan hal-hal ini. Pernahkah kamu mendengar seseorang yang menjadi sukses karena melakukan sesuatu yang dia benci?

Dalam belajar dan mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing masalah yang sering dihadapi adalah semua pelajar bahasa Inggris ingin berbicara bahasa Inggris dengan lebih baik; sayangnya, kebanyakan dari mereka tidak ingin meluangkan waktu mereka untuk belajar bahasa Inggris secara mandiri. (Mungkin inilah yang menyebabkan mereka mengikuti kursus-kursus dan berharap bahwa guru mereka akan menyuntikkan pengetahuan tersebut ke dalam otak mereka.)

Rendahnya motivasi berarti bahwa para pelajar tersebut pada dasarnya tidak menghabiskan waktu mereka untuk belajar bahasa Inggris secara mandiri, atau kalaupun mereka melakukannya, mereka tidak melakukan hal itu secara teratur. Sebagai contoh, seorang pelajar biasa mungkin belajar phrasal verbs bahasa Inggris selama 12 jam sebelum ujian bahasa Inggris. Namun demikian, ia tidak akan membaca sebuah buku dalam bahasa Inggris selama 30 menit setiap hari. Ia sama sekali tidak merasa bahwa belajar bahasa Inggris itu cukup menyenangkan, jadi ia akan melakukannya jika terpaksa. Masalahnya adalah sebuah usaha besar yang dilakukan satu kali saja tidak akan memberikan hasil apapun, sedangkan usaha kecil, yang dilakukan sebagai aktivitas hari-hari akan memberikan manfaat yang besar.

Jika kamu adalah salah satu dari pelajar-pelajar itu dan merasa tidak ingin mempraktekkan pengucapan bunyi "r" atau berbicara tentang kalimat bahasa Inggris setiap hari, kami memiliki berita buat kamu: Kamu harus membuat dirimu menyukai hal-hal ni. Dengan kata lain, kamu harus bekerja dengan motivasimu. Untungnya, ada teknik-teknik baik untuk menolongmu.

Pelajar biasa vs. Pelajar bermotivasi

Paula adalah seorang pelajar biasa bahasa Inggris dengan tingkat motivasi yang umumnya rendah. Pada saat-saat tertentu motivasinya tinggi - seperti hari sebelum ujian bahasa Inggrisnya atau pada saat dia tidak bisa berkomunikasi dengan seorang pelanggan asing yang meneleponnya di tempat kerja. Situasi seperti ini membuatnya berpikir "Aku harus melakukan sesuatu buat kemampuan bahasa Inggrisku!" Namun, hal seperti itu sangat jarang terjadi - kurang dari satu kali sebulan. Jadi walaupun jika dia belajar secara intensif (contohnya selama beberapa hari penuh sebelum ujian), hasilnya jelek, karena dia lupa 90% hal-hal yang telah dipelajarinya dalam sebulan. Ini tidaklah mengejutkan: Sesuai dengan cara bekerjanya ingatan (memory) manusia maka kamu harus mengulang hal-hal yang telah kamu pelajari itu sepanjang waktu, kalau tidak kamu akan lupa semuanya.

Nah sekarang lihatlah seorang pelajar bermotivasi: Judy. Judi membaca sebuah novel khusus untuk pelajar bahasa Inggris (yang ditulis dalam bahasa Inggris yang disederhanakan) hampir setiap hari selama 30 menit. Dia membeli sebuah kamus (English-English dictionary) dan menggunakannya untuk mencari kata-kata bahasa Inggris bila dia tidak memahami sebuah kalimat di dalam bukunya. Pada mulanya, sulit untuk belajar secara teratur: Sebelum ini, membaca buku dan menggunakan sebuah kamus bukanlah "kebiasaannya." begitu pula membaca sebuah kalimat bahasa Inggris adalah suatu tantangan tersendiri.

Tetapi sekarang, hanya setelah dua minggu, dia dapat membaca dengan jauh lebih cepat. Ketika sedang membaca, dia sering melihat kata-kata yang telah dipelajarinya selama dua minggu terakhir. Ketika dia mendapati sebuah kata yang telah dikenalinya sebelumnya, dia tidak perlu mencari artinya di kamus dan dia tahu bahwa dia telah membuat sebuah kemajuan yang baik. Judy merasa bahwa dia telah banyak belajar bahasa Inggris akhir-akhir ini, dan dia berhasrat untuk mempelajarinya lebih banyak lagi. Setiap hari, dia tidak sabar untuk membaca bukunya. Buku itu memberinya kesempatan untuk menggunakan apa yang telah dia pelajari (menikmati kemajuannya) dan belajar lebih banyak lagi. Karena dia belajar secara teratur, maka tidak banyak kata yang ia lupa. Di samping itu, kosa katanya terus berkembang. Judy berada pada lintasan yang benar. Segera dia akan dapat membaca surat kabar berbahasa Inggris dan bacaan-bacaan lain yang ditulis buat penutur asli (native speakers).

Orang yang menikmati bahasa Inggris akan memiliki ingatan yang lebih baik

Bila kamu menikmati belajar bahasa Inggris, kamu akan meluangkan lebih banyak waktu untuknya, kamu akan melakukannya secara teratur. Motivasi yang tinggi akan memberikan manfaat tambahan lainnya. Kamu akan lebih muda mengingat kata-kata dan struktur tata bahasa yang baru. Alasannya adalah otakmu mudah mengingat hal-hal yang kamu suka. (Contohnya, sejumlah orang menyukai sejarah dan mengetahui segalanya tentang Perang Dunia II. Jika kamu meminta "orang lain" untuk mengingat fakta-fakta ini, mereka tidak akan pernah bisa mengingatnya.) Jadi kesenangan mempelajari (bahasa Inggris) akan memberikan kepadamu manfaat ganda. Diterjemahkan oleh Charles Roring untuk www.englishland.or.id (Sumber: www.antimoon.com)